Indonesia

[Salah] Video Prabowo Bilang Curi Harta Rumah Warga yang Kebakaran – Cek Fakta

[Salah] Video Prabowo Bilang Curi Harta Rumah Warga yang Kebakaran


Sumber:

Twitter.com

Tanggal publish: 05/02/2019

Berita

Beredar klip video Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto yang melontarkan kalimat kontroversial saat berpidato. Salah satu yang mengunggah dan menyebarnya adalah akun media sosial @FaGtng di Twitter, Minggu (27/1/2019), disertai narasi kontroversial sebagai berikut:

“Sadis. Tak berprikemanusiaan. Menari diatas penderitaan rakyat. Hellow #KoalisiMunafik. Jangan bunuh hati nuranimu. Jangan biarkan orang seperti ini menguasai tanah airmu.”

Dalam video yang diunggah, tampak Prabowo tengah berpidato dan antara lain mengatakan: “Jika rumah seseorang sedang terbakar, gunakan kesempatan daripada kekacauan yang timbul, untuk mencuri harta kekayaannya.”

Hasil Cek Fakta

Video itu aslinya ada, dari peristiwa yang benar terjadi, yakni ketika Prabowo berpidato dalam acara Dialog Para Pejuang bertema “Nasionalisme: Kembalikan Indonesia”, namun sudah terjadi tahun 2004 lalu.

Namun, dalam video dan narasi yang baru-baru ini viral di media sosial tersebut, selain suara Prabowo telah didistorsi sehingga tak serupa dengan aslinya. Selengkapnya baca di link referensi.

Kesimpulan

Video yang beredar dan viral ini dilepaskan dari konteks sebenarnya sehingga membuat persepsi baru yang tidak benar.

Rujukan

  • Suara.com
  • 1 media telah memverifikasi klaim ini



Original Source : https://cekfakta.com/focus/1115